CERAMAH DAN KAJIAN ISLAM

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK: Komunitas Misykat

BAHAN BACAAN

Merampas Hak Orang Tidak Berpuasa [KH Jalaluddin Rakhmat]

image

Pada bulan Ramadhan, pada hari yang ke-16 Rasulullah Saw berangkat beserta para sahabatnya menuju Mekkah. Sampai kira-kira sekian ratus mil dari Kota Madinah menjelang waktu ashar, para sahabat datang mengadu kepadanya, Ya Rasulullah berat sekali puasa dalam perjalanan ini, terutama mereka yang tidak mengendarai kendaraan, lalu Rasulullah Saw minta agar disediakan air dan kemudian kata beliau angkat air itu dihadapan orang banyak. Beliau berbuka disaksikan orang banyak dan beliau memerintahkan, aku berbuka dan berbukalah kalian. Lalu orang-orang melapor, ya Rasulullah ada sebagian orang terus saja puasa, kemudian Rasulullah Saw berkata, mereka adalah pendurhaka-pendurhaka. Dan beliau menyebut perkataan ini dua sampai tiga kali.

selengkapnya...

Sat, 26 May 2018 @21:29

Membaca Puisi di Bulan Suci

image

Diriwayatkan bahwa membaca puisi di bulan suci Ramadhan makruh. Bagaimanakah pendapat Anda?

selengkapnya...

Sat, 26 May 2018 @21:24

Suara Keadilan (Khalifah Terakhir)

Pada setiap zaman, kita akan melihat bahwa selalu saja ada segelintir orang yang berusaha menipu masyarakat dengan cara menyebarkan hal-hal yang tidak logis dengan tujuan mengumpulkan kekayaan bagi kelompoknya sendiri. Menurut George Jordac, Imam Ali adalah tokoh penting yang membumi hanguskan ribuan takhayul dan gagasan-gagasan berlebihan yang tidak masuk akal.

selengkapnya...

Sat, 26 May 2018 @21:23

OBITUARI Mas Hernowo

image

Ingatan saya yang paling awal tentang almarhum Mas Hernowo adalah posisi duduknya di kursi teras rumah ayah saya, berpuluh tahun yang lalu. Mas Her kerap datang mengunjungi kami. Sebagai editor Penerbit beliau sangat gigih. Tidak jarang menunggui ayah saya beberapa jam. Buku tidak pernah lepas dari tangannya ketika menunggu itu. Baginya, di antara tugas seorang editor adalah mendampingi proses jadi sebuah buku sejak awal hingga akhirnya. Kadang-kadang pula, setelah beberapa saat itu, ia pulang untuk datang kembali keesokan harinya. Sambil menunggu, sesekali saya berbincang dengannya. Sedang Bapak menyelesaikan apa yang karenanya Mas Her datang ke rumah kami. Bisa buku, bisa kata pengantar untuk sebuah buku.

selengkapnya...

Fri, 25 May 2018 @14:03

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved