CERAMAH DAN KAJIAN ISLAM

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK: Komunitas Misykat

BAHAN BACAAN

Dialog Harun Al-Rasyid dengan Imam Musa Kazhim as

image

Harun al-Rasyid, Raja Dinasti Abbasiyah, merasa terganggu jika mendengar masyarakat Muslim banyak memanggil Imam Musa al-Kazhim as dengan panggilan: Ya Ibnu Rasulallah, yang artinya putra Rasulullah Saw. Padahal menurutnya, Rasulullah Saw tidak mempunyai keturunan laki-laki sehingga nasab Nabi Saw terputus.

selengkapnya...

Sat, 24 May 2014 @17:10

Takfiri di Bandung Semakin Gencar

image

Bandung sebentar lagi disebut kawasan intoleran jika setiap orang tak peduli dengan kaum takfiri yang terus beraksi ke masyarakat bawah. Kalau sebelumnya pernah menghalangi kegiatan Asyura Muslim Syiah pada 10 Muharram dan menyebut bidah pada kegiatan tahlilan, shalawat dan dzikir bersama, melarang baca Al-Barzanji pada saat Maulid Nabi, dan selamatan lainnya. Kini, mulai memprovokasi masyarakat bawah untuk membenci sesama umat Islam.

selengkapnya...

Fri, 23 May 2014 @15:15

Merintis Islam Jalan Tengah [Hasan Daliel Alaydrus]

image

Islam senantiasa mengajak umat Muslim untuk bersikap adil dan mengambil jalan tengah, bahkan dalam menyampaikan kebenaran itu sendiri. Islam adalah agama yang datang untuk melestarikan akal sehat manusia, yang nengajak pada sikap adil dan jalan tengah. Islam bukan agama setengah-setengah. Ia juga mengajarkan kita bagaimana mengolah daya-daya lain dalam diri kita. Amarah, misalnya, adalah daya yang diapresiasi oleh Islam dan diarahkan kepada musuh-musuh kemanusiaan dan para penindas. Manusia membutuhkan amarah untuk melawan mesin penindasan dan membangun keadilan. Tidak seperti agama-agama lain, Islam menyadari sisi ini dan menyuruh pengikutnya untuk meletakkannya pada posisi yang tepat dan berguna.

selengkapnya...

Thu, 22 May 2014 @13:40

Pemimpin yang Ideal [Rosihon Anwar]

image

Mewujudkan tujuan-tujuan mulia kekuasaan tidaklah mudah. Itu sebabnya, dibutuhkan pemimpin kuat yang memenuhi kriteria-kriteria unggul dan prima. Dalam Alquran, pemimpin yang demikian diistilahkan dengan al-qawiyyil-amin (kuat dan dapat dipercaya). Siapa dia? Al-Mawardi menjelaskan ia adalah pemimpin yang lembut, paham persoalan hukum, berani, menjauhkan diri dari hal-hal yang harus dijauhi, memperhatikan kehormatan diri, adil, jujur, pandai menyimpan rahasia, memenuhi janji, mengetahui malapetaka yang akan menimpa, dan meletakkan sesuatu pada tempatnya.

selengkapnya...

Wed, 21 May 2014 @22:33

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved