AUDIO MISYKAT

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK: Komunitas Misykat

BAHAN BACAAN

Menyikapi Fatwa Tentang Fatwa [KH Jalaluddin Rakhmat]

image

Fatwa salah yang disampaikan oleh lembaga yang mengklaim berhak memberikan fatwa, sama seperti obat yang salah yang diberikan kepada pasien. Alih-alih menyembuhkan, ia bisa membunuh. Mungkin karena itulah para ulama di MUI Pusat tidak sepakat untuk menerbitkan fatwanya. Kebanyakan memilih diam. Mereka tahu bahwa fatwa yang menganggap sekelompok umat Islam sesat dapat menghancurkan kehormatan, merusak harta kekayaan, dan menumpahkan darah. Mereka perlu mengkaji secara mendalam dan tidak tergesa-gesa. Mereka juga perlu mengkaji fatwa-fatwa sebelumnya.

selengkapnya...

Tue, 15 Apr 2014 @10:02

Tanda Orang Yang Shalatnya Diterima Allah Swt (2) [KH Jalaluddin Rakhmat]

image

Sesungguhnya Aku (Allah Swt) hanya akan menerima shalat dari orang yang dengan shalatnya itu dia merendahkan diri di hadapan-Ku. Dia tidak sombong dengan makhluk-Ku yang lain. Dia tidak mengulangi maksiat kepada-Ku. Dia menyayangi orang-orang miskin dan orang-orang yang menderita. Aku akan tutup shalat orang itu dengan kebesaran-Ku. Aku akan menyuruh malaikat untuk menjaganya. Dan kalau dia berdoa kepada-Ku, Aku akan memperkenankannya. Perumpamaan dia dengan makhluk-Ku yang lain adalah seperti perumpamaan firdaus di surga.

selengkapnya...

Mon, 14 Apr 2014 @22:34

Tanda Orang Yang Shalatnya Diterima Allah Swt (1) [KH Jalaluddin Rakhmat]

image

Rasulullah Saw menyebutkan bahwa nanti akan datang suatu zaman; orang-orang berkumpul di masjid untuk mendirikan shalat tetapi tidak akur dengan tetangganya, yaitu tidak menyambung tali persaudaraan di antara kaum Muslim. Mereka menyebarkan fitnah dan tuduhan yang tidak layak terhadap kaum Muslim. Mereka melaksanakan shalat tetapi tidak sanggup mengatakan kalimat yang benar. Mereka melakukan shalat tetapi acuh tak acuh dengan penderitaan yang dirasakan oleh sesamanya.

selengkapnya...

Mon, 14 Apr 2014 @22:15

Makna Tasawuf [Miftah F. Rakhmat]

image

Tasawuf dipandang berasal dari banyak nama. Kitab Awarif al-Maarif secara khusus memuat pendapat para sufi tentang makna tasawuf. Ada yang mengatakan ia berasal dari kata ahlus shufah, yaitu para sahabat Nabi yang tinggal di beranda masjid. Ada yang mengatakannya berasal dari kata shuf yang artinya kain domba, karena orang-orang soleh waktu itu mengenakan pakaian dari kulit domba sebagai simbol kesederhanaan. Ada juga yang mengatakan tasawuf berasal dari kata shaf yang artinya kesucian.

selengkapnya...

Mon, 14 Apr 2014 @21:33

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved