AUDIO MISYKAT

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK: Komunitas Misykat

BAHAN BACAAN

Jalaluddin Rakhmat, Intelektual yang Membumi

image

Dalam kehidupan sehari-hari, Kang Jalal adalah pribadi yang ramah dan bersahabat dengan siapa saja, tanpa membedakan agama atau latar belakang lain. Kang Jalal bilang: Saya tak terlalu peduli orang ikut mazhab saya atau tidak. Yang penting orang itu berbuat baik bagi sesama dan tak menghalangi orang lain berbuat baik.

selengkapnya...

Wed, 2 Apr 2014 @23:34

Dr. Jalaluddin Rakhmat: Dikotomi Sunni-Syiah Tidak Relevan Lagi

image

Ada beberapa teori tentang kedatangan Syi'ah di Indonesia. Teori pertama merujuk pada masa penyebaran Islam di Indonesia. Jadi, menurut teori ini, dahulu orang-orang Syi'ah yang dikejar-kejar oleh penguasa Abbasiyah lari dari Timur Tengah sebelah utara, yang sekarang mungkin daerah Irak, ke sebelah selatan --dibawah pimpinan seorang yang bernama Ahmad Muhajir-- sampai ke Yaman. Mereka menghentikan pelarian di puncak-puncak bukit yang terjal.

selengkapnya...

Wed, 2 Apr 2014 @23:27

Jalaluddin Rakhmat dan JIL: Mengaji Kitab Al-Kafi (3)

image

Kang Jalal mengingatkan bahwa betapa pengkajian terhadap kitab Al-Kafi mengingatkan kita untuk mempertimbangkan ulang kritisi hadits. Sistem al-Jarh wa al-Tadil yang biasa dipakai oleh penulis hadits di kalangan ulama Sunni dalam menentukan derajat kesahihan hadits tidak lagi memadai dan menyimpan banyak masalah.

selengkapnya...

Fri, 28 Mar 2014 @21:54

Jalaluddin Rakhmat dan JIL: Mengaji Kitab Al-Kafi (2)

image

Tidak seperti anggapan yang berkembang di kalangan Sunni bahwa orang dilarang mengkritik suatu hadits jika Bukhari telah mensahihkannya, di kalangan Syiah, pengkritisian hadits menjadi suatu yang telah wajar dilakukan dan memang menjadi tugas para ulama.

selengkapnya...

Fri, 28 Mar 2014 @21:45

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved