AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Memisahkan Islam dan Tradisi Ahlulbait adalah Ahistoris

image

Dalam sebuah seminar yang berjudul Asyura dalam tradisi (Islamic Cultural Center, 16/09/18), Dr. K. Ng. Agus Sunyoto (seorang Peneliti, Budayawan, Sejarawan, Dosen dan Pengurus Pusat Lembaga Seni Budaya Muslimin NU), dan Zuhairi Misrawi atau lebih akrab disapa Gus Mis (perwakilan Moderat Muslim Society, NU, & The Middle Institute) menyatakan bahwa dalam bulan Muharram ini ada sebuah peristiwa Agung yang telah menjadi memori kolektif masyarakat di berbagai tempat di Nusantara. Tari Saman (Aceh), Tabuik (Kota Pariaman), dan Tabut (Bengkulu) adalah beberapa tradisi yang merepresentasikan peristiwa Agung itu.

selengkapnya...

Tue, 18 Sep 2018 @08:54

Kapan Imam Husain as tiba Karbala dan Bagaimana Urutan Peristiwanya?

image

Pada hari kedua Muharram, tahun 61 AH (680 M), kafilah Imam Husain as tiba di padang Karbala. Beliau bertanya kepada para sahabatnya tentang nama daerah tersebut. Dia diberitahukan beberapa nama sampai akhirnya disebutkan padanya bahwa daerah itu bernama Karbala.

selengkapnya...

Fri, 14 Sep 2018 @07:07

Mengapa Muslim Syiah berkabung atas Imam Husain as?

image

Sejak hari syahadah Imam Husain as, para pengikutnya memulai satu tradisi berkabung mengenang tragedi tersebut yang berlanjut sampai hari ini. Setiap tahun, ratusan juta Muslim Syiah, di samping banyak Muslim Sunni lainnya, bahkan banyak non-Muslim, berdukacita dan memperingati tragedi itu. Kami mengenang tragedi Imam Husain as untuk tetap menjaga dan menghidupkan pesannya. Kami menangisinya dalam rangka melestarikan nilai-nilai perjuangannya.

selengkapnya...

Fri, 14 Sep 2018 @06:59

Bubur Merah dan Bubur Putih [by Dadan Rusmana]

image

Masa kecilku di sekitar tahun 1975-1985-an masih sering menyaksikan beberapa pendudukan desa Melong, dan beberapa desa lainnya, di Cimahi Selatan kabupaten Bandung, menyuguhkan hidangan berupa bubur beureum (bubur merah) dan bubur bodas (bubur putih). Kebiasaan atau adat-istiadat ini dikenal oleh masyarakat Sunda Priangan sebagai tradisi ngabubur beureum jeung ngabubur bodas. Bubur ini, umumnya, dihidangkan bersamaan dalam sebuah piring kecil yang porsinya dibagi dua, yakni setengah untuk bubur merah, setengah lagi untuk bubur putih. Bubur merah terbuat dari beras ketan yang diberi gula merah [umumnya gula yang berasal dari gula kawung (aren)]. Sedangkan bubur putih terbuat dari beras yang diberi garam dan bumbu secukupnya.

selengkapnya...

Fri, 14 Sep 2018 @06:52

« 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 »

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved