Rubrik
Terbaru
MEDSOS Misykat

Fanpage Facebook  MISYKAT

YouTube Channel  MISYKAT TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO KAJIAN ISLAM

Informasi MISYKAT

Redaksi www.misykat.net menerima artikel/opini/resensi buku. Kirim via e-mail: abumisykat@gmail.com

TATA CARA SHALAT

Buku Islam terbaru
image

 

BAHAN BACAAN

Kuliah Ilmu Kalam Bagian Ketujuh [by Mulyadhi Kartanegara]

image

Di samping kelompok Mutakallimun yang menerima atomisme, ada juga kelompok lain yang menolaknya dan mengajukan teori Latensi (Kumun) dan lompatan (Thafrah). Bersamaan dengan dikenalkannya teori atom, diperkenalkan juga teori yang mengatakan bahwa materi bisa dibagi secara tak terhingga. Pendukung pandangan ini adalah Hisyam dari aliran Rafidhiyah dan al-Nazhzham dari aliran Mutazilah, teman sezamannya.

selengkapnya...

Mon, 29 Jul 2019 @10:23

Resensi buku Inilah Islam: Pemahaman Dasar Konsep Islam

image

Membaca buku ini mengantarkan saya pada bentuk bangunan agama Islam yang dipahami oleh seorang ulama yang juga mufasir dari pengikut mazhab Syiah Imamiyyah. Thabathabai lebih dikenal sebagai penulis tafsir Al-Mizan ketimbang seseorang yang menekuni filsafat ketuhanan.

selengkapnya...

Mon, 29 Jul 2019 @10:10

Dr. Jalaluddin Rakhmat: Dahulukan Akhlak Di Atas Fikih

image

Dalam bidang akhlak, semua orang bisa bersetuju, apapun mazhabnya. Lalu saya punya pendirian: kalau berhadapan dengan perbedaan pada level fikih, saya akan dahulukan akhlak. Kalau datang ke jamaah NU yang qunut subuh, demi ukhuwwah dan memelihara akhlak di tengah-tengah saudara saya, saya akan ikut qunut, walau saya misalnya orang Muhammadiyah yang tidak qunut. Tapi, ketika bergabung dengan orang-orang Muhammadiyah, saya mungkin tidak qunut demi menghargai jamaah sekitar saya. Itu yang saya maksud mendahulukan akhlak di atas fikih.

selengkapnya...

Sun, 28 Jul 2019 @06:53

Kuliah Ilmu Kalam Bagian Keenam [by Mulyadhi Kartanegara]

image

Menurut Majid Fakhry, sumber filsosofis teori atom mereka bukan dari Yunani tetapi dari India, yang berpandangan bahwa dunia terdiri dari atom-atom. Tetapi atom-atom tersebut hanya bertahan satu dua saat saja. Para Mutakallimun mengambil teori ini untuk memotong semua sebab-sebab sekunder, sehingga Tuhan menjadi agen dan sebab pertama dari semua peristiwa alam, setelah disingkirkannya oleh kaum Mutazilah dan para filosof semua sebab sekunder.

selengkapnya...

Fri, 26 Jul 2019 @11:28

« 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 »

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved